Post Terbaru

Biografi Pengarang Kitab Aqidatul Awwam: Syaih Ahmad Marzuki

 


Sekilas tentang Kitab Aqidatul Awam


Sesuai dengan namanya Aqidatul Awam, yang berarti aqidah untuk orang-orang awam, kitab ini diperuntukkan bagi umat Islam dalam mengenal ke-tauhid-an, khususnya tingkat permulaan (dasar). Karena itu, isi dari kitab ini sangat perlu dan penting untuk diketahui setiap umat Islam. Terlebih bagi mereka yang baru pertama mengenal Islam.

Aqidatul Awam ini ditulis dalam bentuk syair (nazham). Didalamnya terdapat sekitar 57 bait syair yang berisi pengetahuan yang harus diketahui setiap pribadi muslim. Aqidatul Awam ini berisi tentang sifat-sifat wajib dan mustahil bagi Allah, sifat wajib dan mustahil bagi Rasul, nama-nama Nabi dan Rasul, nama-nama Malaikat dan tugastugasnya. Selain itu, didalamnya juga dibahas tentang pentingnya mengenal nama-nama keluarga dan keturunan Nabi Muhammad SAW dan perjalanan hidup beliau dalam membawa ajaran Islam.

Di sebagian masyarakat, materi dari nazam Aqidatul Awam ini dikenal dengan sebutan sifat 20. Begitu pentingnya kitab ini, Syekh Nawawi AlSyafi‟ i, kemudian memberikan syarah (keterangan dan penjelasan) tentang Aqidatul Awam ini dalam kitabnya Nur Al-Zholam (penerang atau cahaya dalam kegelapan), mengenai kandungan dari nazham tersebut.

Syarah Nur al-Zholam ini ditulis Syekh Nawawi sekitar tahun 1277 H. Dalam syarah Nur Al-Zholam disebutkan, kitab Aqidatul Awam sangat penting untuk dipelajari dan diketahui oleh setiap orang mukallaf. Dengan mengenal sifat-sifat Allah, dia akan mengenal dirinya sendiri, begitu juga sebaliknya. ''Man 'Arafa nafsah, faqad 'arafa Rabbah,'' (Barangsiapa yang mengenal dirinya, maka dia akan mengenal Tuhan-Nya). Dengan mengenal Tuhan-Nya, maka dia akan senantiasa untuk taat dalam menjalankan perintah Allah, dan menjauhi segala larangan-Nya.

Pengarang Kitab Aqidatul Awwam

Kitab Aqidatul Awwam ini dikarang oleh Syaih Ahmad Marzuki. Nama lengkapnya adalah Syeh Ahmad bin Muhammad bin Sayyid Ramadhan Mansyur bin Sayyid Muhammad al-Marzuqi AlHasani, dilahirkan sekitar pada tahun 1205 H di Kota Messir.

Di antara guru-gurunya adalah Syekh al-Kabir Sayyid Ibrahim al-'Ubaidi yang pada masanya adalah sosok yang konsentrasi di bidang Qira-ah al- 'Asyarah (Qiraah 10). Dan di antara murid-muridnya adalah Syekh Ahmad Dahman (1260-1345 H), Sayid Ahmad Zaini Dahlan (1232- 1304 H), Syekh Thahir al-Takruni, dan lainnya.

Beliau sepanjang waktu bertugas mengajar Masjid Mekkah karena kepandaian dan kecerdasannya Syekh Ahmad Marzuqi diangkat menjadi Mufti Madzhab Al-Maliki di Mekkah menggantikan Sayyid Muhammad yang wafat sekitar tahun 1261.

Syekh Ahmad Marzuqi juga terkenal sebagai seorang Pujangga dan dijuluki dengan panggilan Abu Al-Fauzi. Al-Marzuqi dikenal sebagai penulis yang handal serta amat lincah dalam menuliskan qolam-Nya (pena), terutama menyangkut puji-pujian kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Salah satu karyanya yang terkenal dan fenomenal adalah Mandzumat 'Aqidatul Awam, yaitu ringkasan ilmu kalam mengupas tentang tauhid untuk dijadikan acuan dalam aqidah bagi orang-orang awam, dituangkan dalam sebuah nazam (prosa) berisi sebanyak 57 bait (satu baris, berisi dua satar) syair.

Kitab ini begitu penting sekali sehingga banyak para ulama yang mengulas panjang lebar isi kandungan mandzumat. Begitu pentingnya pelajaran yang bisa diambil dari mandzumat 'Aqidatul Awam ini, Syekh Nawawi ibn Umar Al-Bantani Al-Jawi gelar As-Syeikh 'Ulama Hijaz dari tanah Jawa, sebutan Indonesia kala itu, juga turut memberikan syarah Mandzumat 'Aqidatul Awam ini dengan nama Syarah Nur Al-Dholam (Cahaya dalam Kegelapan).

Karya-karya Sayyid Ahmad Marzuki

Selain beliau merupakan salah satu tokoh ulama, beliau juga merupakan seorang tokoh pendidik yang paham akan berbagai ilmu keagamaan. Sayid ahmad marzuki adalah tokoh yang sangat produktif di dalam bidang keilmuan, beliau banyak membuat suatu karya, yang diantaranya yaitu:


a. Tahsil nail al-maram li Bayan Mandzumah Aqidatul Awam (1326 H). Kitab ini berisikan mengenai ilmu ketauhid.an yang berhubungan sang insan dengan sang Rabb.

b. Bulugh al-Maram li Bayan Alfadz Maulid Sayid al-Anam Fi Syarh Maulid Ahmad Al-Bukhari (1282 H). Kitab ini di dalamnya mengenai suatu hadis tentang masalah pada hukum syari’at menurut al bukhari.

c. Bayan Al-Ashli fi Lafadz bi Afdzal Kitab ini menjelaskan tentang aal suatu lafadz dan dibandingkan dengan lafadz yang lebih utama

d. Tashil al-Adhan Ala Matan Taqwim al-Lisan fi Al-Nahwi Kitab ini menjelaskan tentang keterangan dalam isi kitab untuk menguatkan dalam pembahasan ilmu nahwu.

e. Al-Fawaid al-Marzuqiyah al-Zurmiyah Kitab yang berisikan mengenai Nashab (keturunan) dari AlMarzuki.

f. Mandzumah fi Qawaid al-Sharfi wa al-Nahwi Kitab yang menjelaskan tentang pembagian ilmu dalam aqoid yaitu ilmu shorof dan ilmu nahwu.

g. Matan Nazam fi Ilm al-Falak Kitab tersebut menjelaskan tentang suatu aqidah yang sudah baik (matang) serta penjelasan menuju dalam ilmu falak

h. Jalaa‟ ul-Afham syarah kitab Aqidatul Awam Kitab ini merupakan syarah, Aqidatul Awam yang menjelaskan mengenai ilmu tauhid serta pokok-pokok dalam Islam.

i. Aqidatul Awam Kitab ini ditulis pada tahun 1376 H dan diterbitkan oleh AlMiftah Rembang dan kitab ini ditulis dengan menggunakan bahasa arab dan juga arab pegon, kemudian telah diterjemahkan oleh ustadz Ahcmad Sunarto ke dalam bahasa indonesia. Kitab ini juga menjelaskan tentang sifat-sifat wajib dan jaiz bagi Allah SWT dan rosulnya. Sehinggga perlu adanya di dalam mempelajari kitab ini agar kita dapat mengenal Allah dengan baik.

Tidak ada komentar