Post Terbaru

Berbagai arti dan makna istilah-istilah islam


UJE KAWE - Tidak semua umat islam tahu akan arti istilah-istilah dalam ajaran Islam, seperti Aurat, Akhirat, Jahiliyah, kafir dan lain sebagainya. Nah kali ini saya akan memaparkan beberapa istilah-istilah dalam agama islam yang kurang begitu diketahui dan dipahami oleh umat islam senditri.

1. Akhirat
*Menurut bahasa : berasal dari kata âkhirah (آخِرَة) adalah al-âkhir (الآخِر) yang berarti lawan dari al-awwal (الأوَّل) atau “yang terdahulu”. Kata itu juga be­rarti “ujung dari sesuatu”, yang biasanya menunjuk pada jangka waktu.
*Menurut istilah: Akhirat adalah kehidupan alam baka (kekal) setelah kematian/ sesudah dunia berakhir.

2. Al-Quran
*Menurut bahasa: Al-Qur’an berasal dari bahasa Arab yang berarti "bacaan" atau "sesuatu yang dibaca berulang-ulang".
*Menurut istilah: Al-Qur'an adalah firman Allah yang tiada tandingannya, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW penutup para Nabi danRasul, dengan perantaraan Malaikat Jibril a.s. dan ditulis pada mushaf-mushaf yang kemudian disampaikan kepada kita secara mutawatir, serta membaca dan mempelajarinya merupakan ibadah, yang dimulai dengan surat Al-Fatihah dan ditutup dengan surat An-Nas.

3. Amanah
*Menurut bahasa: Amanah berarti jujur, dapat dipercaya.
*Menurut istilah: Amanah adalah sesuatu yang harus dipelihara dan dijaga agar sampai kepada yang berhak memilikinya, segala sesuatu yang diambil manfaatnya dengan ijin pemiliknya, tidak mengambil sesuatu melebihi haknya dan tidak mengurangi hak orang lain.

4. Aurat
Aurat (Arab: عورة, transliterasi: Awrat) adalah bagian dari tubuh manusia yang diharamkan untuk dilihat dan dipegang. Dalam islam, aurat bagi wanita adalah seluruh tubuhnya, kecuali kedua telapak tangan dan muka, sedangkan untuk pria adalah bagian pusar (perut) ke bawah hingga lutut.

5. Fitnah
*Menurut bahasa: fitnah adalah menakjubkan, pemberontakan, pembawa berita yang bohong serta perkataan yang bermaksud menjelekkan orang (seperti menodai nama baik, merugikan kehormatan dan sebagainya).
*Menurut istilah: Fitnah merupakan komunikasi kepada satu orang atau lebih yang bertujuan untuk memberikan stigma negatif atas suatu peristiwa yang dilakukan oleh pihak lain berdasarkan atas fakta palsu yang dapat memengaruhi penghormatan, wibawa, atau reputasi seseorang.

6. Ghibah

*Menurut bahasa: ghibah berarti menggunjing.
*Menurut istilah: Ghibah adalah menyebutkan sesuatu yang terdapat pada diri seorang muslim, sedang ia tidak suka (jika hal itu disebutkan). Contohnya membeberkan aib, menirukan tingkah laku atau gerak tertentu dari orang yang dipergunjingkan dengan maksud mengolok-ngolok.

7. Hadits
*Menurut bahasa: Hadits berarti "berbicara", "perkataan" atau "percakapan".
*Menurut istilah: Hadits adalah perkataan (sabda), perbuatan, ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan landasansyariat Islam.

8. Haji
*Menurut bahasa: kata haji mempunyai arti qashd, yakni tujuan, maksud, dan menyengaja.
*Menurut istilah: haji ialah menuju ke Baitullah dan tempat-tempat tertentu untuk melaksanakan amalan-amalan ibadah tertentu pula. Yang dimaksud dengan temat-tempat tertentu dalam definisi diatas, selain Ka'bah dan Mas'a(tempat sa'i), juga Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Yang dimaksud dengan waktu tertentu ialah bulan-bulan haji yang dimulai dari Syawal sampai sepuluh hari pertama bulan Zulhijah. Adapun amal ibadah tertentu ialah thawaf, sa'i, wukuf, mazbit di Muzdalifah, melontar jumrah, mabit di Mina, dan lain-lain.

9. Iblis
*secara bahasa: iblis berarti juga = مُتَمَرِّدٌ (= pendurhaka) dan رَأْسُ الشَّيْطَانِ (= raja setan).
*Secara istilah (menurut Al-Qur’an) = salah satu golongan jin yang durhaka kepada perintah Allah untuk sujud kepada Adam.

10. Jahiliyah
*Menurut bahasa: jahiliyyah adalah bentuk kata kerja I pada kata jahala, yang memiliki arti menjadi bodoh, bodoh, bersikap dengan bodoh atau tidak peduli
*Menurut istilah: Jahiliyah adalah konsep dalam agama Islam yang menunjukkan masa dimana penduduk Mekkah berada dalam ketidaktahuan (kebodohan).

11. Kafir
*Menurut bahasa: Kāfir berasal dari kata kufur yang berarti ingkar, menolak atau menutup.
Menurut istilah: kafir digunakan dalam agama Islam untuk merujuk kepada orang-orang yang mengingkari nikmat Allah. Sedangkan secara harfiah berarti orang yang menyembunyikan atau mengingkari kebenaran.

12. Kiamat
Kiamat adalah peristiwa di mana alam semesta beserta isinya hancur luluh yang membunuh semua makhluk di dalamnya tanpa terkecuali. Hari kiamat ditandai dengan bunyi terompet sangkakala oleh Malaikan Israfil atas perintah dari Allah SWT.

13. Malaikat
*Menurut bahasa, kata “Malaikat” merupakan kata jamak yang berasal dari Arab malak (ملك) yang berarti kekuatan, yang berasal dari kata mashdar “al-alukah” yang berarti risalah atau misi.

14. Masjid

*Menurut istilah: Masjid berarti tempat beribadah.
*Menurut istilah: tempat beribadah umat Islam, khususnya dalam menegakkan shalat.

15. Muslim

Muslim (Arab: مسلم, Muslim) adalah secara harfiah berarti "seseorang yang berserah diri (kepada Allah)", termasuk segala makhluk yang ada di langit dan bumi.

16. Nabi
*Menurut bahasa, nabi berasal dari kata نبأ و أنبأ yang berarti أخبر (mengabarkan).
*menurut istilah, nabi ialah seorang laki-laki yang diberi kabar (wahyu) oleh Allah berupa syari'at yang dahulu (sebelumnya), ia mengajarkan kepada orang-orang di sekitarnya dari umatnya (penganut syari'at ini). Jadi nabi adalah makhluk yang termulia dan tertinggi derajat atau kedudukannya.

17. Neraka
*Menurut bahasa: neraka disebut naar, yang berartiapi yang menyala.
*Menurut istilah, neraka berarti tempat balasan berupa siksaan bagi orang yang berbuat dosa dan kesalahan.


18. Pahala
Pahala ialah ganjaran baik dari Allah atas setiap perbuatan baik yang dilakukan oleh manusia di dunia ini.

19. Puasa

*Menurut bahasa: puasa dalam bahasa Arab adalah “Shiyam atau shaum” yang bermakna menahan.
*Menurut istilah: puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa dimulai dari terbit fajar (subuh) sampai terbenam matahari (maghrib).

20. Rasul
*Menurut bahasa: rasul berasal dari bahasa Arab, yaitu rasulun artinya utusan.
*menurut istilah: rasul adalah seorang laki-laki merdeka yang diberi wahyu oleh Allah dengan membawa syari'at dan ia diperintahkan untuk menyampaikannya kepada umatnya.

21. Riba
*Menurut bahasa: riba berarti az-ziyadah 'tambahan'.
*Menurut istilah: riba adalah pengambilan tambahan dari harta pokok (modal) dengan cara yang batil. Riba diharamkan dalam keadaan apapun dan dalam bentuk apapun.

22. Salat

*Menurut bahasa: salat berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti, doa.
*menurut istilah, salat bermakna serangkaian kegiatan ibadah khusus atau tertentu yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengansalam.

23. Setan
*Secara bahasa (bahasa Arab) berasal dari kata: شَطَنَ - يَشْطُنُ - شَيْطَانًا
yang berarti = menjauhkannya (sesuatu yang menjauhkan dari kebenaran).
*Secara istilah: setan adalah makhluk Allah SWT yang diciptakan dari api. yang menggoda dan membisikkan kepada hati manusia supaya durhaka kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

24. Syahadat
*Menurut bahasa: Syahadat berasal dari kata bahasa Arab yaitu syahida (شهد), yang artinya ia telah menyaksikan.
*Menurut istilah: Syahadat merupakan pernyataan / persaksian yang nyata dan jelas antara seorang hamba dengan Tuhannya dan syahadat harus di pertanggung jawabkan,syahadat berlafaskan "Assyhaduallaillahaillah wa assyhaduanna muhammaddarosullah" Tiada Tuhan selain Allah dan nabi Muhammad Utusan Allah.

25. Syirik
*Menurut bahasa: syirik berasal dari kata syarikah atau persekutuan, yaitu mempersekutukan atau membuat tandingan hukum atau ajaran lain selain dari ajaran/hukum Allah.
*Menurut istilah: Syirik adalah akhlak yang melampaui batas aturan dan bertentangan dengan prinsip tauhid yaitu dengan mengabdi, tunduk , taat secara sadar dan sukarela pada sesuatu ajaran / perintah selain dari ajaran Allah.

26. Surga

Surga adalah suatu tempat di alam akhirat yang dipercaya sebagai tempat berkumpulnya roh-roh manusia yang semasa hidup di dunia berbuat kebajikan sesuai ajaran agamanya.

27. Taubat

*Menurut Bahasa taubat berasal bahasa Arab taaba – yatuubu – taubatan yang berarti kembali.
*Menurut istilah taubat adalah kembalinya seorang hamba kepada Allah dari segala perbuatan dosa yang pernah dilakukan, baik secara sengaja atau tidak sengaja dan berkeinginan tidak akan mengulanginya lagi, serta menghindar dari hal-hal yang mengajak untuk berbuat dosa.

28. Wakaf
*Menurut bahasa: wakaf berarti menahan.
*menurut istilah syara’, wakaf ialah menahan sesuatu benda yang kekal zatnya, untuk diambil manfaatnya untuk kebaikan dan kemajuanIslam.

29. Wudu

Wudu (Arab: الوضوء al-wuḍū', Persian:آبدست ābdast, Turkish: abdest, Urdu: وضو wazū') adalah salah satu cara mensucikan anggota tubuh dengan air. Berwudu bisa pula menggunakan debu yang disebut dengan tayammum.

30. Zakat
*Menurut bahasa: zakat berasal dari kata Arab yang berarti suci atau kesucian, atau arti lain yaitu keberkahan.
*Menurut istilah: Zakat adalah jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin dan sebagainya) menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syarak.

31. Zikir

Zikir (atau Dzikir) artinya mengingat Allah di antaranya dengan menyebut dan memuji nama Allah. Zikir adalah satu kewajiban.




(http://widhyaoxavia.blogspot.co.id)

Tidak ada komentar