Post Terbaru

Memaafkan Orang-orang Jahat



UJE KAWE - Alhamdulillah kita sampai saat ini tanggal 11 Syawal 1438 H. Semoga segala amal ibadah dan kebaikan kita saat Ramadan kemarin, diterima Alloh SWT dan kita diberkahi dengan diri dan hati yang kembali fitri, suci bersih tidak ada noda hitam setetespun. Dan berdo'a kepada Alloh SWT agar kita mampu mempertahankan kesucian diri di bulan Sayawal ini dan dibulan-bulan lainnya.

إِنَّ ٱلْمُسْلِمِينَ وَٱلْمُسْلِمَٰتِ وَٱلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ وَٱلْقَٰنِتِينَ وَٱلْقَٰنِتَٰتِ وَٱلصَّٰدِقِينَ وَٱلصَّٰدِقَٰتِ وَٱلصَّٰبِرِينَ وَٱلصَّٰبِرَٰتِ وَٱلْخَٰشِعِينَ وَٱلْخَٰشِعَٰتِ وَٱلْمُتَصَدِّقِينَ وَٱلْمُتَصَدِّقَٰتِ وَٱلصَّٰٓئِمِينَ وَٱلصَّٰٓئِمَٰتِ وَٱلْحَٰفِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَٱلْحَٰفِظَٰتِ وَٱلذَّٰكِرِينَ ٱللَّهَ كَثِيرًا وَٱلذَّٰكِرَٰتِ أَعَدَّ ٱللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا


"Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar." (Qs. Al-Ahzab:35}

Menarik ketika lebaran atau idul fitri tiba, biasa kita saling maaf memaafkan. Namun aneh diantara kita, mungkin kebanyakan orang kali ya, yang disalamin justru sahabat-sahabat terbaik keluarga terdekat saja. Musuh (orang/teman yang memusuhi kita) dan tetangga tidak kita kunjungi dan enggan saling maaf memaafkan. Lucu kan?

Tidak salah juga kita saling maaf memaafkan dengan sahabat, keluarga dan saudara terdekat. Karena yang namanya manusia pasti punya kesalahan, pasti pernah lupa dan khilaf. Tapi alangkah mulianya kita jika memberanikan diri bersalaman dan saling memaafkan dengan orang-orang yang membenci, pernah menyakiti dan mendzolimi kita. Mukmin yang sangat mulia adalah selalu memberikan yang terbaik untuk orang-orang yang bersikap tidak baik. Selalu membalas dengan manis walaupun selalu dikasih pahit. Mempertahankan kebaikan untuk orang-orang yang berbuat jahat padanya. Rasulullah saw: 

"Hendaknya engkau memaafkan, karena tindakan memaafkan itu akan menambahkan kemuliaan seorang hamba. Salinglah memaafkan sehingga kalian mendapatkan kemuliaan dari Allah!"(Al Kafi  juz 2 hal. 108 hadits no 5)

“Allah tidak akan menambah kemaafan seseorang, melainkan dengan kemuliaan, dan tidaklah seseorang merendahkan dirinya karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatnya.” (Hadits riyawat Bukhari dan Muslim)

Bersalaman untuk saling memaafkan dengan sahabat baik dan keluarga itu biasa, saling memaafkan dengan orang yang pernah menyakiti dan mendzolimi kita itu yang luarbiasa. Kebesaran hati dan keberanian kita akan teruji ketika bersalaman saling memaafkan dengan orang-orang yang jahat kepada kita. Balaslah dengan air susu walaupun kamu dikasih air comberan. 

“…dan balasan kejelekan itu adalah kejelekan pula, namun siapa yang memaafkan dan memperbaiki (hubungannya), maka pahala baginya di sisi Allah. Sungguh Allah tidak menyukai orang-orang yang dhalim. “ (QS Asy Syura 40)

Jaga silaturahim, belajar terus memaafkan orang yang jahat pada kita sebelum dia meminta maaf. Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita. Wallohu'alam,


Tidak ada komentar