Post Terbaru

Dahsyatnya Bertanya


Tidak sengaja saya bertemu dengan 3 orang remaja putri yang tersesat karena belum tahu arah jalan ke tempat tujuan mereka. Saya kebetulan satu angkot dengan mereka. Selama perjalanan mereka membicarakan bagaimana mereka sampai tersesat disertai tawa canda. Perjalanan yang seharusnya bisa ditempuh dengan 2 kali naik angkot ternyata karena mereka enggan bertanya entah karena malu atau apa, akhirnya mereka sampai naik 5 kali angkot. Wah...banyak sekali dan tentu ongkos yang harus dibayarkan juga lebih banyak.

Dari peristiwa di atas bisa kita simpulkan bahwa ternyata ketika kita tidak tahu kemudian tidak bertanya, maka kesulitan kita semakin bertambah dan pastinya tidak akan bisa terselesaikan. Sebagaimana ada pepatah mengatakan " malu bertanya sesat di jalan".

Hal ini menunjukan bahwa bertanya itu sangat penting dan wajib jika kita tidak tahu tentang sesuatu. Jangan sampai kita diam tidak bertanya hanya karena malu. Bukan sekedar bertanya tentang arah tujuan, tapi semua hal yang tidak kita ketahui. Dan harus diingat bahwa bertanya itu tidak memberikan kesan negatif, dan tidak menunjukan bahwa kita bodoh. Sekedar bertanya ya wajar-wajar saja, daripada kita kesulitan sendiri nantinya.

Tapi kita harus perhatikan bahwa bertanya itu harus kepada siapa. Tidak semua orang bisa kita jadikan tempat untuk bertanya. Kita bertanya harus kepada orang yang memiliki pengetahuan tentang apa yang akan kita tanyakan. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat An-Nahl (16) ayat 43:

وَمَآ أَرْسَلْنَا مِن قَبْلِكَ إِلَّا رِجَالًا نُّوحِىٓ إِلَيْهِمْ ۚ فَسْـَٔلُوٓا۟ أَهْلَ ٱلذِّكْرِ إِن كُنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu, kecuali orang-orang lelaki yang Kami beri wahyu kepada mereka; maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui,

Jadi sudah jelas bahwa sangat pentingnya kita bertanya jika kita tidak mengetahui. Bertanya kepada ahlinya, kepada orang yang tepat, orang yang memiliki pengetahuan tentang apa yang kita tanyakan.


Wallohu'alam,

ujekawe

Tidak ada komentar