Post Terbaru

Kapan Hari Kiamat Terjadi?


UJE KAWE - Hari kiamat memang pasti terjadi. Namun, yang tau pasti kapan terjadinya hanya Allah yang tahu. Kita tentu ingat peristiwa di tahun 2012, ada sebagian orang yang percaya bahwa kiamat akan terjadi pada tahun itu. Dan akhirnya prediksi mereka salah.

Mengenai hal ini Allah telah menegaskan bahwa hanya Dialah yang memiliki pengetahuan tentang kiamat. Kita hanya diperintahkan untuk mengimaninya,agar menjadi pengikat iman, islam dan ihsan kita. Sebagaimana Allah berfirman:

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, ‘Bilakah terjadinya?’Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku, tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang Hari Kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." (Al-A’raf: 187).

Sesungguhnya Allah, hanya pada sisiNya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat." (Luqman: 34).

Manusia bertanya kepadamu tentang Hari Berbangkit. Katakanlah,‘Sesungguhnya pengetahuan tentang Hari Berbangkit itu hanya di sisi Allah.’ Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi Hari Berbangkit itu sudah dekat waktunya." (Al-Ahzab: 63).

Dalam Shahih al-Bukhari dan Muslim ketika Jibril datang kepada Nabi shalla allahu ‘alaihi wasallam bertanya tentang kapan Kiamat, Nabi saw menjawab,

Yang ditanya tentang Hari Kiamat tidak lebih mengetahui dari yang bertanya." (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Dari dalil-dalil di atas menunjukkan bahwa hanya Allah sajalah yang tahu kapan terjadinya hari kiamat. Bahkan Rasulullah sekalipun tidak tahu kapan terjadinya. Namun tidak dengan tanda-tandanya.

Rasulullah banyak memberi tahu kita tentang tanda-tanda datangnya hari kiamat. Hal tersebut agar kaum muslimin dapat mengantisipasi melalui ibadah dan amal kebajikan yang nanti dapat menolongnya saat huru-hara akhir zaman terjadi.

Sebagaimana telah disinggung di atas, kita tidak perlu ribut masalah kapan terjadinya kiamat. Tetapi yang perlu kita pelajari adalah tanda-tanda hari kiamat, sebagaimana yang telah Rasulullah sampaikan kepada kita semua.

Tanda-tanda kiamat dapat kita bagi menjadi 2 bagian. Pertama,tanda-tanda kiamat sughro (kecil) dan kedua, tanda-tanda kiamat kubro (besar). Agar lebih mudah membedakannya, tanda kiamat sughro itu terjadi sebelum tanda kiamat kubro terjadi. Dan itu berkaitan dengan kemerosotan moral, akhlak, kemaksiatan merajalela, syariat ditinggalkan,dll.

Sedangkan tanda kiamat kubro itu terjadi setelah tanda kiamat sughro terjadi. Yaitu 10 peristiwa yang Rasulullah sampaikan dalam sebuah hadits. Seperti munculnya Ad-Dukhan, Dajjal, dsb.

Tidak ada komentar